Jumat, 13 Juni 2014

Ilmu Kealaman Dasar

TATA SURYA
Mari kita belajar tentang tata surya. Tahukah kamu tentang tata surya? 
Tata surya terdiri dari matahari, planet-planet, dan benda-benda langit lain yang mengelilingi matahari.

A. MATAHARI SEBAGAI PUSAT TATA SURYA
Apakah matahari itu? Matahari merupakan bola gas yang bercahaya. Suhu pada permukaannya lebih kurang 6.000C, sedangkan pada bagian dalamnya lebih panas lagi, yaitu kira-kira 15jutaC. Diameternya kira-kira 109 kali diameter bumi, dan letaknya lebih kurang 150juta km dari permukaan bumi kita. Matahari merupakan benda langit yang memancarkan cahaya sendiri. Oleh karena itu, matahari disebut juga sumber cahaya atau bintang.

B. PLANET-PLANET
Tahukah kamu perbedaan antara bintang dan planet? Bintang mempunyai cahaya sendiri, sedangkan planet tidak mempunyai cahay. Planet hanya memantulkan cahaya yang diterimanya dari bintang-bintang. Sampai saat ini kita mengenal 9 planet yang mengiringi matahari. Kesembilan planet tersebut ialah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.
Kesembilan planet bergerak mengelilingi matahari. Garis edar atau lintasan planet mengelilingi matahari disebut orbit. Arah peredarannya berlawanan dengan arah jarum jam. Peredaran planet-planet itu mengelilingi matahari adalah gaya gravitasi matahari. Gaya gravitasi matahari lebih besar daripada gaya gravitasi planet-planet. Waktu yang diperlukan planet untuk melakukan satu revolusi disebut kala revolusi. 
Berapakah kala revolusi bumi? Kala revolusi bumi ditetapkan sebagai satuan yang disebut satu tahun. Bidang tempat planet beredar disebut bidang edar. Bidang edar bumi disebut bidang eliptika. 
Setiap planet mengalami siang dan malam seperti yang terjadi di bumi. Hal ini membuktikan bahwa planet-planet berputar pada sumbunya. Perputaran planet mengelilingi sumbunya disebut rotasi. Waktu yang diperlukan planet untuk berotasi pada sumbunya disebut kala rotasi. 

C. SIFAT-SIFAT DAN KEADAAN PLANET-PLANET DALAM TATA SURYA
1. Merkurius
Merkurius adalah planet kedua terkecil dalam tata surya setelah pluto. Planet ini lebih kecil daripada bumi dan letaknya paling dekat dengan matahari. Planet ini dapat sering muncul rendah di kaki langit sebelah timur menjelang matahari terbit.
Merkurius kelihatan seperti bulan setengah,lalu seperti bulan sabit.

 
2. Venus 
Planet ini selalu tampak bercahaya terang. Planet ini paling dekat dengan bumi. Ukuran planet ini hampir sama dengan bumi sehingga orang sering menamakannya Bumi kembar. Venus kadang-kadang terlihat disebelah timur sebelum matahari terbit sehingga sering disebut Bintang timur atau bintang pagi.







3. Bumi 
Bumi merupakan satu-satunya planet di tata surya yang dihuni makhluk hidup. Bumi merupakan planet ketiga terdekat dari matahari. Bumi berotasi pada porosnya sekali dalam waktu 24 jam. Selain bumi berputar pada porosnya (rotasi), bumi juga  berputar mengelilingi matahari yang memerlukan waktu selama 365 1/4 hari atau satu tahun untuk satu kali putaran.

 





4. Mars
Planet mars juga disebut planet merah. Karena jika dilihat langsung dengan mata atau dengan teropong tampak berwarna kemerah-merahan. Mars mempunyai saat-saat bersinar terang dan bersinar lemah. Pada saat terang kita mudah menemukan planet mars di langit, yaitu saat bumi berada diantara mars dan matahari.







5. Yupiter
Yupiter adalah planet kelima terdekat ke matahari. Menurut orang romawi kuno, yupiter adalah raja langit. Nama tersebut memang cocok karena yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya.












6. Saturnus
Saturnus termasuk planet yang besar dan merupakan planet yang paling indah untuk dipandang. Keindahan tersebut karena adanya cincin-cincin yang melingkarinya yang terdiri dari bongkahan es atau batu krikil yang dilapisi es.






7. Uranus 
Planet uranus ditemukan oleh Sir Wilhelm Herschell pada tahun 1781 di inggris. Planet ini tampak berwarna hijau kebiru-biruan. Atmosfer planet ini sangat dingin, kira-kira -190C. Uranus juga memiliki satelit yang jumlahnya 15 buah. Namun yang paling besar ada 5 yaitu Miranda, Ariel , Umbriel, Titania dan Oberon.






8. Neptunus 
Planet ini lebih besar daripada bum, tetapi tidak dapat dilihat tanpa alat bantu karena letaknya jauh. Neptunus sering disebut kembaran dari uranus dan sering juga disebut planet pembuat ulah karena sering beredar dengan meninggalkan garis edarannya.



9. Pluto 
Pluto merupakan planet terkecil dalam tata surya dan masih sedikit informasi yang diketahui tentangnya. Planet ini ditemukan oleh Clyd W.Tombugh seorang astronom amerika serikat pada tahun 1930. Pluto merupakan planet yang terjauh dari matahari. Jarak pluto dengan matahari kurang lebih 5.943juta km. Sekali mengelilingi matahari planet ini membutuhkan waktu 248,4 tahun dan waktu rotasinya 6,4 hari. Pluto mempunyai satu satelit yang diberi nama Charon.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar