Selasa, 24 Juni 2014

Ilmu Pengetahuan Sosial

KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA

A. INDONESIA YANG BERAGAM
Indonesia yang memiliki wilayah yang sangat luas. Wilayah Indonesia yang membentang dari sabang sampai merauke, didiami oleh berbagai suku bangsa dengan keanekaragaman budayanya.

1. Apakah Bhineka Tunggal Ika?

Pada lambang Negara Indonesia terdapat tulisan yang berbunyi “Bhineka Tunggal Ika”. Tulisan tersebut memiliki makna yang sangat dalam. Bhineka Tunggal Ika berarti berbeda-beda tetapi tetap satu. Walaupun bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan beragam budayanya tapi merupakan satu kesatuan yang utuh.   

 2. Pentingnya Persatuan dalam Keragaman
Seperti kalian ketahui bahwa wilayah Indonesia dihuni oleh berbagai suku bangsa dengan beraneka ragam kebudayaannya. Banyaknya suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia berpotensi terjadinya pemecahan. Lebih bahayanya lagi kalau ada wilayah yang ingin memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu tidak boleh terjadi, karena NKRI merupakan pilihan terakhir bagi bangsa Indonesia. Untuk menjaga keutuhan Negara kita maka kita harus bersatu. Persatuan patut diutamakan walaupun kita terdiri dari berbagai suku bangsa dan budaya yang berbeda.


Indonesia terdiri dari berbagai suku dan budaya. Keberagaman ini merupakan kekayaan dan potensi bangsa yang tidak ternilai harganya.

 B. BENTUK-BENTUK KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA

1. Keragaman Suku Bangsa
Banyak sekali suku bangsa yang mendiami wilayah yang luas ini. Mereka terdiri dari suku-suku bangsa yang tinggal dan menetap di daerah yang beraneka ragam. Ada yang tinggal di daerah pegunungan, di pantai ddan daerah perkotaan bahkan ada yang tinggal di daerah pedalaman.
Suku-suku bangsa yang mendiami pedalaman Papua, Sumatera, Kalimantan masih hidup secara sederhana. Kita tidak boleh membeda-bedakan suku bangsa. Kita harus hidup damai dan berdampingan tanpa melihat dari suku mana kita berasal.


Kehidupan masyarakat di daerah pedalaman Papua masih sangat sederhana. Bahan dan modal pakaiannya unik. Biasanya mereka menggunakan kulit hewan atau kulit tumbuhan sebagai bahan pakaiannya.

2. Keberagaman Budaya
Bangsa Indonesia memiliki budaya yang beragam. Keragaman budaya yang dimiliki budaya yang beragam. Keragaman budaya yang dimiliki tercermin dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bahasa daerah, kesenian daerah, cara berpakaian,upacara adat dan sebagainya. Keragaman budayang kita yang tersebut tentunya merupakan kekayaan bangsa Indonesia. tersebut .

a. Bahasa Daerah 
Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi manusia. Bahasa digunakan untuk menyampaikan pesan, baik itu secara lisan maupun secara tertulis. Dengan bahasa pula manusia menyampaikan informasi kepada yang lainnya .

b.Kesenian Daerah
Kesenian daerah yang kita miliki sangat beragam . Hampir di setiap wilayah kesenian daerah yang unik dan hanya terdapat di wilayah daerah tersebut . Keragama kesenian daerah yang dimiliki tersebut tentunnya juga merupakan sumber kekayaan bangsa yang perlu dilestarikan . Kesenian daerah meliputi tarian daerah , lagu daerah ,upacara adat,  dan kegiatan yang bernilai seni .
 Contoh kesenian daerah :

Tari piring merupakan tarian tradisional dari Sumatera Barat

Tari remo merupakan tarian dari jawa timur


c. Rumah Adat
Rumah adat merupkan rumah asli penduduk atau masyarakat suatu daerah. Tiap-tiap rumah adat memiliki nama masing-masing. Beberapa rumah adat yang terkenal terutama karena bentuknya adalah rumah gadang, rumah tongkonan, rumah joglo, rumah kebaya,rumah dalam loka,rumah lamin dan lain-lain. 
 Contoh Rumah adat :

 Provinsi Sumatera Utara
Rumah adat tradisional : Rumah balai batak toba 


 Provinsi Sumatera Barat
Rumah adat tradisional : Rumah Gadang

d. Pakaian Adat
pakaian adat merupakan pakaian yang digunakan oleh masyarakat di daerah tertentu. Biasanya pakaian adat dipakai pada adat acara-acara khusus seperti pesta perkawinan, upacara adat dan sebagainya.

Pakaian adat

e. senjata tradisional
senjata tradisional biasa disebut senjata khas. Senjata ini dapat ditemukan hampir di berbagai daerah. Senjata khas sangat beragam dan biasanya digunakan untuk keperluan sehari-hari. Misalanya untuk berburuh, memotong kayu dan sebagainya. senjata khas juga digunakan sebagai pelengkapan upacara adat.
Contoh senjata tradisional :

Senjata khas Masyarakat Kalimantan

Keris merupakan senjata tradisional Indonesia



f. Alat musik tradisional
Indonesia memiliki alat music tradisional yang beragam. Di daerah-daerah tertentu terdapat alat musik tradisional yang biasa digunakan sebagai pengiring dalam  upacara adat. Alat music tradisional yang dimiliki indonesia menandakan bangsa kita merupakan bangsa yang berbudaya tinggi. Bangsa kita sudah memiliki rasa berkesenian. Alat musik tradisional juga berfungsi sebagai alat untuk menghibur.
Contoh alat musik tradisional :

Bonang


gendang

Gong





C. MENGHARGAI KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA

Cara Mengahargai Keragaman yang Ada di Masyarakat
Sikap saling harga menghargai perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Dengan saling menghargai maka akan tercipta masyarakat yang kokoh. Masyarakat tidak akan mudah goyah terhadap segala ancaman dan gangguan. Ada beberapa cara dalam menghargai keragaman yang tumbuh di masyarakat.
  1. Tidak mencela setiap tradisi atau kebiasaan yang tumbuh di masyarakat.
  2. Mendukung setiap kegiatan masyarakat meskipun berbeda dengan budaya kita
  3. Tidak membeda-bedakan setiap suku bangsa, tetapi harus dihimpun menjadi suatu kekuatan yang kokoh.
  4. Tidak membanggakan sukunya sendiri, tetapi susu-suku yang ada harus bersatu padu untuk melawan setiap usaha yang ingin memecah belah persatuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar