Jumat, 09 September 2016

RPP kelas 4 tema 9 subtema 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Praktikan    : Friska Dwi Nur Hidayati
Kelas                     :  IV (Empat)
Semester                :  2 (Dua)
Tema                     :  9 (Makananku Sehat dan Bergizi)
Subtema                : 1 (Makananku Sehat dan Bergizi)
Pembelajaran         : 1 (Satu)
Alokasi waktu       : 3 x 35 menit

A.Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
1.2  Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial.
2.4  Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui      pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.4  Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
4.4  Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan mimilih dan memilah kosa kata baku.

Indikator :
1.2.1     Memiliki sikap rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial.
2.4.1     Menunjukkan sikap menghargai dan bekerja sama terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui      pemanfaatan Bahasa Indonesia.
3.4.1        Membuat peta pikiran dari teks cerita petualangan.
4.4.1        Menceritakan sesuatu peristiwa saat mengonsumsi makanan.

Ipa
Kompetensi Dasar :
1.1  Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.7  Mendeskripsikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
4.6  Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.

Indikator :
1.1.1        Menunjukkan rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakan alam,  serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.1        Memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.7.1        Menyimpulkan bahwa makanan-makanan kita berasal dari sumber daya alam.
4.6.1        Mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya.

Matematika
Kompetensi Dasar :
1.1  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.1  Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar
3.3  Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur.
4.17 Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik.

Indikator :
1.1.1    Memiliki sikap taat beribadah terhadap ajaran agama yang dianutnya.
2.1.1    Menunjukkan sikap percaya diri dan teliti pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.3.1    Mengumpulkan data dengan menggunakan turus (tally) dan membulatan hasilnya.
4.17.1 Menyusun laporan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik.

C. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks petualangan, siswa mampu membuat peta pikiran tentang teks tersebut dengan benar.
2.      Setelah membaca teks petualangan, siswa mampu menceritakan sebuah peristiwa saat mengusumsi dengan membaca pemahaman teks, siswa dapat menceritakan kembali suatu makanan dengan benar.
3.      Dengan bertukar informasi, siswa mampu mengumpulkan data atau informasi tentang makanan yang dikonsumsi dengan makanan.
4.      Dengan membaca data yang terkumpul, siswa mampu menyusun laporan dari data tersebut dengan menggunakan kosa kata baku atau kata-kata dengan benar.
5.      Dengan menggali informasi, siswa mampu mengumpulkan data dengan menggunakan turus (tally) dengan teliti.
6.      Setelah mengumpulkan data, siswa mampu menyusun laporan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik dengan benar.
7.      Setelah mengetahui jenis makanan, siswa mampu mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya dengan benar.
8.      Dengan berdiskusi, siwa mampu menyimpulkan dengan benar bahwa makanan-makanan kita berasal dari sumber daya alam.

D. Materi Pembelajaran
-        Bahasa Indonesia
a)      Gambar makanan sehat dan bergizi. (Terlampir)
b)     Bacaan teks tentang makanan sehat dan tidak sehat yang di bawa oleh Lani dan Edo kesekolah. (Terlampir)
c)      Petualangan Siti berkunjung ke rumah paman dan menikmati makanan sehat, yakni masakan sayur bayam buatannya, bersama bibi. (Terlampir)
-        Ipa
a)      Peta pikiran tentang fakta salah satu makanan sehat yang penting bagi tubuh, yakni wortel. (Terlampir)
-        Matematika
a)      Tabel dengan menggunakan turus (tally). (Terlampir)

E. Metode dan pendekatan pembelajaran
Metode                  : Ceramah, Tanya jawab dan diskusi
Pendekatan           : Scientific (Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi atau menalar, dan mengkomunikasikan).

F. Media, alat dan sumber belajar
1.      Media :
a)      Berbagai jenis makanan sehari-hari, seperti beras, tempe, sayuran, buah dan susu sebagai kegiatan pembuka (Gambar).
b)      Teks lagu “ Empat Sehat Lima Sempurna”.
2.      Alat : -
3.      Sumber :
·        Afriki, dkk.2013. Buku Siswa kelas IV Tema 9 “Makananku Sehat dan Bergizi” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
·        Afriki, dkk.2013. Buku Guru Kelas IV Tema 6 “Makananku Sehat dan Bergizi” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Mengajak semua anak berdo’a menurut agama dan keyakinannya masing-masing.
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak siswa menyanyikan lagu “Empat Sehat Lima Sempurna”.
4.      Tanya jawab tentang makanan sehat dan bergizi.
5.      Meminta informasi dari siswa mengenai makanan yang sehat dan bergizi.
6.      Menginformasikan tema yang akan dipelajari yaitu tentang “Makanan Sehat dan Bergizi“
7.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
10 Menit
Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai makanan sehat dan tidak sehat. (Mengamati)
Ø  Siswa mengamati gambar yang ada di buku lalu siswa diminta untuk membaca teks tentang makanan sehat dan tidak sehat yang dibawah oleh Edo kesekolah.
Ø  Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca teks tentang makanan sehat dan tidak sehat yang di bawa oleh Lani dan Edo kesekolah.
Ø  Siswa lain menyimak, kemudian diminta melanjutkan kalimat-kalimat berikutnya. Setelah guru bertanya kepada siswa, apakah ada hal-hal yang belum dipahami dari teks tersebut.
2.      Siswa membuat peta pikiran dari teks tersebut dengan menuliskan hal-hal yang penting yang dibacanya, misalnya makanan apa yang dibawa Edo dan apa akibatnya. (Mengumpulkan informasi)
3.      Siswa berlatih menentukan judul teks sesuai isi bacaan, judul mewakili isi teks. (Menalar)
4.      Siswa berpasangan, kemudian saling membuat lima pertanyaan tertulis berdasarkan teks. Selanjutnya mereka saling menjawab pertanyaan. (Menanya)
5.      Siswa membaca paragraf tentang petualangan Siti berkunjung kerumah paman dan menikmati makanan sehat, yakni makanan sayur bayam buatannya bersama bibi. (Menalar)
6.      Siswa berlatih menceritakan pengalaman tersebut kepada seorang teman dengan menggunakan kata-kata yang baik dan benar, serta dengan ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang sesuai. (Mengkomunikasikan)
7.      Siswa membaca peta pikiran tentang fakta salah satu makanan sehat yang penting bagi tubuh, yakni wortel. (Mengamati)
8.      Siswa menuliskan pendapatnya tentang hal yang harus ia lakukan setelah mengetahui beberapa fakta ini. (mengkomunikasikan)
9.      Siswa membuat kelompok yang terdiri dari 7 sampai 8 siswa. (Mengkomunikasikan)
10.  Siswa mencatat makanan yang mereka santap tadi malam. (Mengamati)
11.  Siswa menuliskan informasi yang ditemukannya dari pengumpulan data ini dengan menggunakan kosa kata baku. (Mengumpulkan informasi
12.  Siswa menggabungkan data yang mereka miliki dengan data kelompok lain. (Mengasosiasikan)
13.  Hasil penggabungan data dituliskan pada tabel dengan menggunakan turus (tally). Siswa dapat melihat contohnya pada tabel yang tersedia di buku.
14.  Siswa membuat laporan tertulis tentang data yang terkumpul berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang tersedia. (Mengkomunikasikan)
15.  Siswa membuat kesimpulan dari laporan yang dibuatnya. (Mengkomunikasikan)
155 Menit
Penutup
1.      Siswa dan guru membuat kesimpulan atau rangkuman dari kegiatan hari itu.
2.      Siswa bersama guru melakukan refleksi kegiatan belajar hari ini.
3.      Siswa memimpin doa diakhir pembelajaran.
10 Menit

H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.       Peniaian Sikap : Teliti, Menghargai, Percaya diri, Bekerja sama, Kerapian.
b.      Unjuk kerja     :  membaca hasil karya
c.       Penilaian Pengetahuan : test tertulis membuat karya

2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Lembar Penilain Sikap

No.

Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Teliti
Mennghargai
Percaya Diri
Bekerja Sama
Kerapian
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1.
Dhani















2.
Fitria















3.
Habibi















4.
Lely















Keterangan :
BT  : Belum Terlihat
T     : Terlihat
M    : Menonjol

Catatan :
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.



b. Lembar Penilaian Pengetahuan
1. Daftar periksa membuat peta pikiran, membuatpertanyaan dan menjawabnya serta membuat laporan (Bahasa Indonesia)
Kriteria
Sangat baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Berlatih lagi
(1)
Siswa mampu membuat peta
pikiran sesuai isi teks.




Siswa mampu membuat 5
pertanyaan terkait isi teks.




Siswa mampu menjawab 5
pertanyaan temannya dengan
benar.




Siswa mampu membuat
laporan dari data yang
terkumpul dengan
menggunakan kosakata baku.




Catatan :
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.

Penilaian : Total nilai x 10
16



2. Daftar periksa kemampuan mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya
dan membuat kesimpulan (IPA)
No.
Nama Siswa
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak

1.

Dhani
Siswa mampu mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya.


Siswa mampu membuat kesimpulan tentang asal makanan.



2.

Fitria
Siswa mampu mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya.


Siswa mampu membuat kesimpulan tentang asal makanan.



3.

Habibi
Siswa mampu mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya.


Siswa mampu membuat kesimpulan tentang asal makanan.



4.

Lely
Siswa mampu mengelompokkan makanan berdasarkan jenisnya.


Siswa mampu membuat kesimpulan tentang asal makanan.



Catatan :
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.


3.Daftar periksa kemampuan mengumpulkan data dan membuat kesimpulan (matematika)
No.
Nama Siswa
Kriteria
Tercapai
Ya
Tidak

1.

Dhani
Siswa mampu mengumpulkan data dan mencatatnya dengan menggunakan turus (tally).


Siswa mampu membuat kesimpulan berdasarkan data yang ada.



2.

Fitria
Siswa mampu mengumpulkan data dan mencatatnya dengan menggunakan turus (tally).


Siswa mampu membuat kesimpulan berdasarkan data yang ada.



3.

Habibi
Siswa mampu mengumpulkan data dan mencatatnya dengan menggunakan turus (tally).


Siswa mampu membuat kesimpulan berdasarkan data yang ada.



4.

Lely
Siswa mampu mengumpulkan data dan mencatatnya dengan menggunakan turus (tally).


Siswa mampu membuat kesimpulan berdasarkan data yang ada.



Catatan :
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
                               

c.Lembar Penilaian Keterampilan
No.
Nama Siswa
kriteria
Nilai
Struktur Cerita
Latar Cerita
Tokoh Cerita
keruntutan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.
Dhani













2.
Fitria













3.
Habibi













4.
Lely













Keterangan :
Struktur Cerita
1 (Berlatih lagi) :  Memuat awal, pertengahan dan akhir cerita dengan lengkap.
2 (Cukup)          :  Memuat awal, pertengahan dan akhir cerita namun kurang lengkap.
3 (Bagus)           :  Cerita tidak memuat salah satu aspek (awal Pertengan dan akhir).

Latar Cerita
1 (Berlatih lagi) :  Membuat latar (setting) dalam cerita yang ditulis secara lebih detail.
2 (Cukup)          :  Membuat latar (setting) dalam cerita, namun kurang detail.
3 (Bagus)           :  Tidak memuat latar (setting) dalam cerita.

Tokoh Cerita
1 (Berlatih Lagi) : Memuat nama tokoh dengan lengkap.
2 (Cukup)            : Memuat nama tokoh namun kurang lengkap.
3 (Bagus)            : Tidak memuat tokoh cerita.

Keruntutan
1 (Berlatih lagi) :  Seluruh kalimat runtut.
2 (Cukup)          :  Terdapat 1-2 kalimat yang tidak runtut.
3 (Bagus)           :  terdapat 3 atau lebih kalimat yang tidak runtut.



Catatan :
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang sesuai.
Penilaian : Total nilai x 10
                                      12

v  Remedial
(Kegiatan remedial diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam menguasai konsep).
Bagi siswa yang belum dapat membuat kesimpulan dari data yang didapatnya dapat diajak berdiskusi lebih lanjut. Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengarah pada pemahaman siswa.


         Situbondo, 16 Juni 2016
                                                                       
       Mengetahui,
      Dosen Pembimbing,                                                                         Praktikan



Desy Maria Damayanti,M.Pd                                                   Friska Dwi Nur Hidayati
                                                                                                     NPM : 201310243






Tidak ada komentar:

Posting Komentar