Kamis, 05 November 2015

Langkah-langkah Permainan Matematika



Kubuk Manuk

Kubuk manuk adalah jenis permainan dari Yogyakarta. Permainan ini menggunakan biji-bijian. Biji-bijian yang digunakan misalnya biji yang memiliki permukaan licin seperti, biji jagung, kacang tanah, biji sawo, biji kacang hijau, kedelai, dan lain-lain.Cara memainkannya adalah, anak diminta untuk menempelkan kedua telapak tanggannya, lalu jari-jari diminta untuk saling menyilang, kecuali kedua jari telunjuk membentuk seperti ujung pistol. Kedua jari telunjuk tersebut berfungsi untuk mengambil biji-bijian dengan cara mengapit biji-biji tersebut dan dimasukkan ke dalam telapak tanggan. Biji yang dimasukkan ke dalam lekukan telapak tangan diusahakan tidak jatuh, jika jatuh maka permainan digantikan dengan pemain yang lain.
Langkah-langkah: 
  1. Guru dan siswa memberi nilai pada setiap biji sesuai dengan warna biji yang ada. Misalnya biji yang ada berwarna merah (kacang merah), putih (kedelai), kuning (jagung). Biji merah diberi nilai 5, biji putih diberi nilai 10 dan biji kuning diberi nilai 15.   
  2. Anak diminta untuk duduk melingkar mengelilingi biji-biji yang telah dihamburkan ke lantai dan melakukan pin suit untuk menentukan pemain pertama dan seterusnya.  
  3. Anak diminta untuk memainkan permainan sesuai dengan urutan yang telah ditentukan melalui pin suit.   
  4. Guru meminta anak untuk melakukan operasi hitung sesuai dengan operasi hitung yang akan dipelajari misalnya penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.  

Permainan ini dapat di akses di You Tube dengan judul “Belajar Matematika Sambil Bermain”.

SUMBER :

http://www.kompasiana.com/domingos/mendekatkan-anak-pada-matematika-melalui-sebelas-ragam-permainan-kreatif_5528717ff17e61a74f8b45c4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar